Cara Menjadi Penulis Bagi Anda Pemula

cara menjadi penulis

Setiap kali berkunjung di toko buku saya pasti terkagum melihat begitu banyaknya buku-buku yang dihasilkan oleh para penulis yang hebat. Mengapa saya bilang hebat, karena para penulis itu mampu membubuhkan ide-ide mereka ke dalam bentuk tulisan hingga menjadi sebuah buku yang bisa dibaca oleh khalayak umum. Sayapun dalam hati mengatakan 'luar biasa', dan ingin sekali menjadi seperti mereka, para penulis hebat itu.

Sesuai dengan judul artikel ini, bagaimana menjadi penulis bagi anda pemula. Jadi artikel ini dikhususkan buat para pemula yang ingin dan punya semangat menjadi penulis. Baik itu penulis buku, penulis di media cetak, maupun penulis artikel online seperti yang saya tulis ini. Olehnya, bagi anda yang sudah master dalam menulis, rasanya artikel ini sudah usang buat anda baca. Hehehe..

Menjadi penulis itu bagi sebagian orang gampang-gampang susah. Bahkan ada yang bilang begitu susahnya menulis. Padahal, menulis itu hanya sebuah kegiatan menuangkan ide di kepala kita melalui sebuah pena pada kertas, toh masih juga dirasa sulit dilakukan. Jika demikian kasus yang anda alami, saya juga seperti itu dulunya.

Orangpun kemudian bertanya-tanya:

Apakah bisa saya menjadi penulis? Padahal saya tidak punya bakat menulis. 

Kegiatan menulis itu sekalipun dikatakan sebuah bakat, tetapi bisa dilakukan oleh siapapun. Termasuk anda, asalkan anda punya kesungguhan dan tekad yang kuat untuk menjadi seorang penulis.

Lalu, bagaimana caranya menjadi penulis? 

Gampang saja, anda tinggal mulai menulis apa yang ingin anda tulis. Pokoknya apa yang anda pikirkan, ataupun ide apa yang ada dikepala anda itu yang anda tuliskan. Segitu saja.

Tapi saya tidak punya ide untuk ditulis? 

Ide itu bisa dicari. Banyak sekali sumber ide yang bisa anda dapatkan, bisa dengan:
  1. membaca koran 
  2. membaca buku diperpustakaan 
  3. membaca majalah, atau 
  4. membaca artikel saya ini. 
Dari situ anda bisa mendapatkan ide yang bisa anda tuangkan dalam bentuk tulisan.

Bagi seorang penulis, membaca adalah hal yang wajib baginya. Karena dengan membaca, para penulis itu menemukan wawasan, yang kemudian bisa menumbuhkan ide-ide brilian yang bisa menjadi tulisan. Selain membaca, ide bisa juga didapatkan dari kegiatan:
  1. menonton TV, 
  2. mendengar radio, 
  3. mengikuti seminar, dan 
  4. tentu masih banyak lagi.

Jika kegiatan diatas masih juga dirasa sulit untuk menemukan sebuah ide tulisan, maka cobalah yang paling dekat dengan diri anda. Misalkan anda tuliskan apa yang anda lakukan dari bangun pagi sampai anda tidur malam. Dengan menulis kegiatan yang anda lakukan sendiri, maka dengan sendirinya, akan terbentuk kebiasaan menulis yang tentunya akan bermanfaat buat anda.  

Tentunya, diperlukan tekad dan komitmen yang kuat untuk membiasakan kegiatan menulis ini. Oleh karenanya, jadikan kegiatan menulis ini sebagai sebuah kebiasaan. Sekalipun tulisan yang anda tulis itu hanya sepatah dua patah kata setiap hari, namun jika itu dilakukan secara rutin, maka akan lama kelamaan terbentuk kebiasaan menulis buat anda. Sehingga serasa menulis seperti bernafas.

Posting Komentar